HARI GINI MASIH ADA UJIAN NASIONAL?

Hari gini masih ada ujian nasional? apa kata dunia. Ungkapan itu seperti itu terasa menyayat hati kita. Apa perlu Ujian Nasional digelar. Secara sepintas Ujian Nasional diharapkan membawa dampak perubahan kualitas pendidikan. Kenyataaannya Ujian yang digelar setiap akhit tahun pelajaran ini sebuah momok besar bagi siswa dan guru. akibatnya hajat besar ini perlu diawali dengan ritual yang serba menakutkan. Doa bersama, minta doa restu, mendatangkan pemuka agama, bahkjan ironisnya hal-hal yang berbau klenik pun juga didatangkan. gambaran ini terjadi di masyarakat kita ini untuk menghadapi hajatan besar.
Ujian Nasional sebenarnya tidak menggambarkan prestasi anak. hal ini dapat dilihat dari kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berbeda dengan kompetensi lulusan. prestasi siswa tergambar dalam pembelajaran setiap semester yang tertuang dalam hasil belajar siswa. hasil belajar siswa ini diperoleh melalui ulangan harian, tugas, ulangan tengah semester, maupun ulangan akhir semester. Ujian Nasional bukanlah mengukur prestasi belajar dan tidak menggambarkan p[restasi belajar siswa. Seharusnya Ujian Nasional digunakakn untuk akreditasi sekolah dan pemetakan pendidikjan.
Untuk tahun pelajaran 2010/2011 Ujian nasional tidak perlu untuk menghakimi siswa dalam menentukan lulus atau tidak lulus. Ada beberapa penyimpangan dalam proses belajar mengajar dengan pemberlakukan Ujian Nasional, di antaranya
1. Guru dalam hal ini sekolah hanya memprioritaskan pembelajaran hanya mata pelajaran nasional
2. Mata pelajaran lain seakan tidak penting dan tidak perlu diajarkan
3. Pembelkajaran berpandangan pragmatis, yaitu hanya mengejar UN
4. Pembelajaran tidak lagi mengandalkan proses tetapi hasil sehingga sekolah tidak ubahnya dengan bimbingan belajar
5. Sekolah merasa takut kalau siswanya gagal sehingga membemntuk tim sukses yang berakibat mental generasi muda rusak gara-gara UN
Himbauan kepada pemerintah untuk senantiasa membuat formula baru untuk melaksanakan UN sehingga pelaksanaan UN tidak berdampak merugikan mental genaerasi muda dan merugikan bangsa ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: